Cara Membuat Lompatan Jadi Pengusaha

August 28, 2013 No Comments »
Cara Membuat Lompatan Jadi Pengusaha

Seringkali kata “wirausaha” menggoda kita. Banyak orang memilih segera keluar dari pekerjaan dan merealisasikannya. Namun sebaiknya, ada pertimbangan matang sebelum keinginan tersebut diwujudkan. Sebab, berpindah dari nilai-nilai kekaryawanan menjadi nilai-nilai kewirausahaan bukan proses yang mudah.

“Ini butuh mental, tidak sekadar beralih, tapi transisi,” kata konsultan karier (career coach) dan penulis buku Your Job is not Your Career, Rene Suhardono.

Karena itu, kata Rene, seorang karyawan yang ingin menjadi entrepreneur harus mengerti betul tujuannya menjadi pengusaha. Menurut dia, keputusan menjadi pengusaha tidak bisa didasarkan pada keinginan menjadi kaya dan punya uang yang banyak saja. Maklum, kita kerap kali mendengar ucapan “kalau ingin kaya, jadilah pengusaha”. Juga jangan karena bosan dengan pekerjaan. “Tujuannya harus dipahami, juga arahnya bagaimana,” ujar Rene.

Konsultan karier dan sumber daya manusia dari Konsultankarir.com, Ardiningtiyas Pitaloka, mengatakan bahwa sebelum memutuskan, seseorang harus menjawab dengan jujur kepada diri sendiri, apa yang mendorong Anda menjadi pengusaha.

Jawaban yang jujur dan obyektif penting secara psikologis. Sebab, ini menjadi penentu kesiapan faktor-faktor lain, seperti finansial, pengaturan waktu, juga pengerahan sumber daya lain untuk mewujudkan rencana Anda menjadi pengusaha. “Hendaknya diputuskan dengan kepala dingin, ” kata Ardiningtiyas.

Sumber: Tempo

Leave A Response

Rimons twitter widget by Rimon Habib