Ini Cara Melihat Kegagalan Sebagai Bagian Dari Kesuksesan

January 3, 2014 No Comments »
Ini Cara Melihat Kegagalan Sebagai Bagian Dari Kesuksesan

Sebagian besar dari kita berusaha menghindari kegagalan. Tapi kenyataannya, semua orang yang pernah sukses di dunia ini, pasti pernah mengalami kegagalan bahkan hingga berkali-kali.

Jangan biarkan ketakutan akan kegagalan membuat Anda berdiam diri di tempat, karena kegagalan itu memiliki sejumlah keuntungan. Berikut ini di antaranya.

Kegagalan memperlihatkan apa yang harus dilakukan

Kadang kita tidak tahu mana hal yang bisa berhasil, sebelum kita mencoba beberapa hal terlebih dulu. Hasil percobaan itu mungkin menghasilkan kegagalan atau pengalaman tak menyenangkan. Namun Anda bisa menjadi lebih tahu tentang apa yang harus diperbaiki dan tindakan apa yang lebih baik ke depannya.

Kegagalan memberi waktu untuk introspeksi

Ketika kita terlalu fokus pada kesuksesan sebagai tujuan akhir, kita menjadi lupa untuk melihat keadaan sekitar dan menyesuaikan diri. Kegagalan, kadang merupakan sebuah cara yang memberitahu kita untuk berhenti sejenak dan melakukan introspeksi diri. Dengan kegagalan, Anda bisa melihat apakah harus melakukan penyesuaian atau bahkan berganti haluan.

Kegagalan merupakan bentuk motivasi

Jika Anda sudah berkomitmen penuh untuk mencapai tujuan, maka kegagalan bisa menjadi motivasi bagi Anda untuk maju terus. Kegagalan mendorong Anda untuk menemukan solusi atau ide baru yang bisa membantu Anda mencapai tujuan.

Kegagalan akan memberi cara pandang baru

Anda mungkin merasa malu untuk berbagi cerita kegagalan terhadap orang lain. Tapi sebenarnya, dengan bercerita Anda pun bisa membantu orang yang mengalami masalah yang sama. Anda juga bisa mendapatkan cara pandang baru lewat berdiskusi dengan orang-orang yang pernah mengalami kegagalan serupa.

Kegagalan bisa membantu Anda menghadapi rasa takut

Bagi kebanyakan orang, kegagalan merupakan ketakutan terbesar. Jadi ketika Anda membiarkan diri sendiri untuk jatuh gagal dan kemudian berhasil mengangkat diri serta belajar dari pengalaman itu, rasa takut tersebut lama-lama bisa hilang.

Sumber: Kabar24

Leave A Response

Rimons twitter widget by Rimon Habib