Kiat Membangkitkan Semangat Pada Saat Stres

April 25, 2013 No Comments »
Kiat Membangkitkan Semangat Pada Saat Stres

Dalam hidup kita pasti punya masalah. Masalah-masalah itu bisa menyebabkan kita stres. Pertanyaannya bagaimana caranya agar kita tetap semangat meski ada masalah yang sedang kita hadapi? karena apabila kita stres dalam menghadapi masalah, maka akan berdampak buruk pada pekerjaan. Untuk itu, berikut ini saya akan bagikan kiat membangkitkan semangat pada saat stres sebagai berikut.

1. Pilihlah Ketenangan Hati
Webster mendefinisikan ketenangan htati sebagai kebiasaan pikiran yang hanya bisa diganggu ketegangan yang besar. Ketenangan hati adalah praktik dari watak yang baik, stabil, dan seimbang.
Cadangan-cadanagn energi dapat diisi ulang melalu disiplin keseimbangan. Keseimbangan memberikan fleksibilitas, yakni sifat esensial untuk merespons cara-cara positif terhadap berbagai peristiwa di semua area kehidupan yang utama.

2. Bekerjalah dengan Riang Setiap Hari
Keseimbangan termasuk saat mengambil waktu santai setiap hari dan berperan serta dalam aktivitas yang kita nikmati. Pekerjaan apa yang Anda sukai?
Ambil secarik kertas atau bukalah file dalam komputer Anda sekarang dan tulis sepuluh hal yang paling Anda sukai. Kemudian ambil satu dari sepuluh hal itu dan kerjakan hari ini.
Seorang teman yang bijak pernah berkata bahwa sangat menyukai buku yang bahagia(a happy book). Buku itu berisi seratus hal yang membuatnya tersenyum, tertawa, dan bermimpi setiap hari. Setiap hari dia memastikan dapat mengerjakan beberapa hal dalam bahagianya itu. Inilah jalan yang besar untuk mengisi energy yang digunakan selama hidup sehari-hari.

3. Pertahankan Kebaikan Total
Kebaikan adalah suatu keadaan sehat yang dicari secara aktif. Termasuk dalam hal ini adalah kebaikan spiritual, mental, dan fisik. Kita dapat menampilkan yang lebih baik pada saat dibawah tekanan, pulih setelah mengalami kemunduran, dan mengurangi kelelahan hati dengan memperkuat jiwa, pikiran, dan raga. Ketika Anda merasa lelah, kunjungi dokter. Biasa peduli pada kesehatan bisa membantu mencegah sakit dan mempertahankan kesehatan. Fitnes fisik, meditasi, dan ibadah yang diiringi rasa syukur akan menambah tingkat energi Anda. Periksalah selalu kesehatan Anda sebelum memulai berbagai latihan atau program yang berkaitan dengan nutrisi.
Mudah menentang perubahan-perubahan yang terjadi dalam hidup. Kita tidak mengakui berbagai kebiasaan dan toleransi yang melawan kita. Perubahan sangat lah tidak nyaman. Akan tetapi, ini adalah hukuman yang tidak dapat dipecahkan meski kita tentang habis-habisan. Apakah pertentangan Anda bisa menghabiskan energi?

4. Jangan Sia-siakan Waktu
“Saya tidak punya waktu” biasanya mengandung satu dari dua hal. Ungkapan itu bisa berarti seseorang tidak dapat mengatur waktu, bisa juga bermakna orang itu memiliki prioritas-proiritas yang lain.
Prioritas berada dibawah pengawasan Anda. Itu akan menambah atau akan menghabiskan energi Anda. Jika prioritas tidak selaras dengan nilai-nilai Anda, maka mereka akan menguras energi.
Kita bertanggungjawab sepenuhnya terhadap seberapa banyak waktu yang digunakan untuk berbagai aktivitas. Kita yang mengontrol jadwal atau malah jadwal yang mengontrol kita.
Jika kita terus bekerja tanpa memberikan waktu pertumbuhan diri sebenarnya hal itu tidak disebabkan adanya kekurangan waktu. Agaknya, itulah pilihan dan konsekuensi bagi kita.

5. Pelihara Cadangan Energi Anda
Beberapa gagasan yang telah disebutkan akan membantu Anda menciptakan cadangan energi dan daya tahan yang lebih. Ada kalanya kita bekerja sejak pagi-pagi benar sampai larut sore dalam beberapa hari. Kemudian berlatih, membaca, dan santai atau bersosialisasi dalam eberapa jam yang tersisa.

Salah satu kesenangan yang paling besar adalah menulis segala persoalan. Komputer memberikan ketenangan sedangkan musik menggembirakan pikiran ketika bekerja. Mengerjakan sesuatu yang disukai pada dasarnya telah membangun cadangan energi.

Tuhan telah menciptakan kemampuan untuk menjadi orang yang tekun dan harus dipelihara. Dia juga menyediakan jalan untuk tertawa, santai, dan menikmati romantika hidup.

Sumber : http://www.ilawati-apt.com/kiat-membangkitkan-semangat-pada-saat-stres/

Leave A Response

Rimons twitter widget by Rimon Habib