Jakarta Marathon, Sport Tourism Pertama di Asia Tenggara

September 30, 2013 No Comments »
Jakarta Marathon, Sport Tourism Pertama di Asia Tenggara

Sebagai langkah mempromosikan Jakarta ke dunia internasional, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, menggelar Mandiri Jakarta Marathon (JakMar) 2013.

Event berskala internasional ini merupakan sport tourism (olahraga wisata) pertama di kawasan Asia Tenggara.

Jakmar 2013 akan digelar pada 27 Oktober 2013 di Monas dengan tema Festival City Marathon akan menempatkan Jakarta sebagai destinasi sport tourisman dunia.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar mengatakan, sejak dibuka secara resmi pendaftaran Jakmar 2013 di Sport and Running Expo Paris Marathon, Prancis pada 4 April 2013 lalu, sudah ada 750 pendaftar dari 38 negara. Di antaranya para pelari elit dunia dari United Kingdom, Kenya, Etiopia, Jepang, Australia dan Perancis.

“Mereka bakal ikut berlomba di event bergengsi Mandiri JakMar 2013 yang berhadiah total 2,5 miliar. JakMar 2013 menjadi perhatian para pelari dunia. Hingga saat ini sudah ada 5.800 pelari yang mendaftar. Dan ini akan menjadi kegiatan marathon yang pertama di kawasan Asia Tenggara,” kata Sapta dalam jumpa pers persiapan penyelenggaraan JakMar 2013 di Monas, Senin (30/9).

Dia menjelaskan, Jakarta harus memiliki kegiatan olahraga yang dapat menjual wisata Jakarta ke dunia internasional. Sapta berharap, beberapa tahun ke depan, JakMar 2013 bisa dikenal sebagai kegiatan olahraga marathon kelas dunia seperti Paris Marathon, Boston Marathon, Tokyo Marathon dan New York Marathon.

“Kami menargetkan 10.000 pelari yang akan ikut dalam event ini. Kami optimis target tersebut dapat tercapai, melihat antusiasme masyarakat dan para pelari yang telah mendaftarkan diri. Sekarang saja, sudah ada 17 pelari elit dunia yang telah menyatakan dirinya akan ikut dalam lomba ini,” ujarnya.

Untuk rute, lanjut Sapta, pihaknya telah mendapatkan sertifikasi kalibrasi rute lama JakMar 2013 dari International Associtation of Atheletics Federations (IAAF) sebagai induk olahraga atletik dunia dan Amaury Sport Organization (ASO) yang merupakan konsultan Prancis penyelenggara Tour de France, Paris Marathon, Dakkar Rally.

Pada 13 Juni 2013 lalu, kata dia, telah melakukan kalibrasi rute sepanjang 42,195 kilometer (km) dan half marathon berjarak 21 km. Kalibrase rute tersebut meliputi penilaian jarak tempuh, tingkat elevasi rute dan patokan jarak rute dengan menggunakan paku khusus berlabel Jakarta Marathon.

“Berdasarkan hasil kalibrasi tersebut, pada 19 Juni lalu, IAAF secara resmi menerbitkan sertifikasi rute JakMar 2013 dengan nilai grade A. Dan tingkat elevasi rute 0 meter per km. sertifikasi ini berlaku hingga 5 tahun mendatang,” terangnya.

Sapta memaparkan rute Jakmar 2013 ini dirancang supaya peserta lomba dapat berwisata menikmati keindahan kota Jakarta dengan menyusuri sudut-sudut keanggunan situs peninggalan sejarah, bangunan dan museum bersejarah. Serta deretan kemegahaan bangunan jakarta masa kini.

Detail rute, lomba akan dimulai dari Silang Monas Barat Daya-Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis-Jalan Majapahit-Jalan Gajah Mada-Jalan Pintu Besar Selatan-Kawasan Kota Tua-Jalan Hayam Wuruk-Jalan Juanda-melewati Gedung Kesenian Jakarta-PT Pos Indonesia-Gereja Katedral-Masjid Istiqlal-Jalan Veteran-Jalan Majapahit-Jalan Medan Merdeka Barat-MH Thamrin-Bundaran HI-Imam Bonjol-HR Rasuna Said-Gatot Subroto-Asia Afrika-Hang Tuah-Jalan Sisingamangaraja-Jenderal Sudirman-MH Thamrin dan berakhir finish di Silang Monas Barat Daya.

Dalam acara Mandiri JakMar 2013, akan dilombakan lima kategori yaitu full marathon 42,195 km, half marathon 21 km, 10 K, 5K dan marathoonz (Children Sprint) sepanjang 1,3 km dengan batas umur maksimal 13 tahun.

Sumber: Berita Satu

Leave A Response

Rimons twitter widget by Rimon Habib