Sepenggal kisah kecintaan Ronaldo pada mangrove

June 26, 2013 No Comments »
Sepenggal kisah kecintaan Ronaldo pada mangrove

Tanjung Benoa, Bali (ANTARA News) – Diam-diam Cristiano Ronaldo punya “kekasih baru”, yang tidak bisa dia ajak ke berbagai pertandingan sepakbola dia ataupun pesta-pesta. “Sang kekasih” barunya itu adalah tanaman bakau alias mangrove.

Adalah Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan, yang mengungkap “kekasih baru” CR7 itu, di Tanjung Benoa, Bali, Rabu. CR7 alias Ronaldo menjadi bintang penanaman dan pelestarian bakau, yang dipimpin Presiden Susilo Yudhoyono, dan disesaki masyarakat pesisir setempat.
Laiknya kawasan pesisir alias maritim, Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Marsetio, juga hadir, selain koleganya, Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI IB Putu Dunia.
Jika mengurut waktu kembali pada 2005, maka kita akan maklum mengapa CR7 jatuh cinta pada bakau. Selepas bencana alam masif tsunami Aceh, dunia dikejutkan dengan “temuan” bocah Aceh yang selamat, sempat terapung-apung di batang kelapa.
Bocah itu, Martunis, bocah 3 SD saat itu, selamat dari terjangan gelombang tsunami raksasa itu setelah terombang-ambing selama 19 hari sampai akhirnya tersangkut di di kerapatan hutan bakau setempat. Sebetulnya, kisah Martunis ini bukan hal cukup aneh dalam musibah-musibah seperti itu.
Yang menyentuh hati CR7 saat itu –menyaksikan berbagai laporan media massa internasional kala itu– adalah bahwa Martunis memakai kaus Tim Nasional Portugal bernomor 7 dan bertuliskan nama “Ronaldo” di punggungnya, saat dia ditemukan dan diselamatkan.
Artinya: Martunis fans Ronaldo, dan bocah Aceh itu mengerti alias paham kiprah Ronaldo selama itu. ”Dari sana Ronaldo dekat dengan Martunis dan mangrove,” kata Hasan. Mangrove atau bakau dalam bahasa Indonesia, telah menyelamatkan nyawa seorang Indonesia.
Saat datang ke Aceh, tidak lama setelah Martunis ditemukan dan diselamatkan, Ronaldo menyempatkan menemui dia di Aceh dan memberinya beasiswa untuk sekolah.
“Martunis dulu dikasih handphone oleh Ronaldo, tapi handphone-nya hilang,” tutur Hasan.
Di mana Martunis saat ini? Di sela acara itu, Hasan kemudian memanggil Martunis yang kini sudah remaja dan gemar bermain sepak bola.

“Ini dia Martunis. Ayo ke depan salaman dengan Bapak Presiden dan Ronaldo,” katanya. Martunis pun maju dan menyalami Yudhoyono dan Ronaldo.

Dalam sambutan singkatnya, CR7 berkata-kata, “Terima kasih kepada Presiden SBY. Saya senang datang ke Indonesia. Semoga acara saya di Bali ini dapat meningkatkan pesan penyelamatan mangrove.”

Sumber: www.antaranews.com

Leave A Response

Rimons twitter widget by Rimon Habib